April 16, 2012

SLiMS Development Update!

—MERANTI—
Versi terbaru Senayan Library Management System (biasa disebut SLiMS atau Senayan) adalah versi 5 yang dinamakan “Meranti”. SLiMS 5 saat ini masih dalam tahap pengembangan yang dikerjakan oleh beragam developer SLiMS dari Jakarta, Jogja, Kotamobagu, bahkan Jerman. Fitur-fitur mayor yang ditambahkan antara lain:

  1. Dukungan Open Archive Initiative (OAI). Dengan dukungan OAI maka cantuman/record di SLiMS bisa di-harvest oleh crawler berbasis OAI. Buat perguruan tinggi di Indonesia, ini memudahkan jika ingin bergabung ke Garuda.
  2. Dukungan Z39.50 SRU (Search/Retrieve via URL, http://en.wikipedia.org/wiki/Search/Retrieve_via_URL) untuk alternatif melakukan copy cataloging selain natif z39.50 (http://en.wikipedia.org/wiki/Z39.50) dan P2P yang sudah ada di versi sebelumnya.
  3. Desain OPAC dan admin bergaya Metro UI (http://en.wikipedia.org/wiki/Metro_(design_language))
  4. Search result clustering di OPAC.
  5. Import Marc file untuk memudahkan copy cataloging berbasis format MARC yang legendaris. (Perlu ujicoba yang lebih intens dengan format INDOMARC. Mungkin teman-teman dari Perpustakaan Nasional bisa membantu ujicoba fitur ini).
  6. Kompatibilitas dengan PHP 5.4.
  7. Server Katalog Bersama dipisahkan dari aplikasi SLiMS dan menjadi aplikasi Sendiri (https://github.com/slims/ucs-2.0).
  8. Dukungan bahasa Brazilian Portuguise.

Demo SLiMS 5 (Meranti) bisa dilihat di http://slims.web.id/demo.

SLiMS 5 (Meranti) masih tahap pengembangan dan belum cocok untuk digunakan skala produksi. Bugs masih terus dicari dan diperbaiki. Untuk mengunduh dan memantau update harian, bisa pantau terus di https://github.com/slims/slims5_meranti.

—NAYANES—
Setelah SLiMS 5 (Meranti) dan Aplikasi Katalog Bersama, ada lagi yang lain? Ada! Kenalkan: Nayanes! Aplikasi yang berfungsi semacam proxy untuk melakukan federated search ke server-server OPAC berbasis SLiMS. Menggunakan protokol yang sudah sejak lama tersedia di SLiMS: Mods XML (http://www.loc.gov/standards/mods/). Berbeda dengan katalog bersama yang mengumpulkan record katalog ke satu server, Nayanes langsung melakukan pencarian ke banyak server SLiMS yang terdistribusi. Nayanes bisa menjadi alternatif dalam membangun mesin pencarian ke banyak katalog berbasis SLiMS selain menggunakan sistem katalog Bersama. Demo Nayanes bisa dicoba di http://slims.web.id/nayanes/.

—SLiMS + DRUPAL—
Sudah? Masih belum! Ingin mengintegrasikan SLiMS dengan CMS Drupal (drupal.org)? Sudah tersedia SDI! SDI bukan Selected Dissemination of Information atau Search and Deliver Information, tetapi SLiMS-Drupal Integration, yang merupakan modul drupal 6. Jika tertarik, bisa coba download di: https://github.com/slims/SLIMS-OPAC-Drupal-module.

—U C S—
Sejauh ini perkembangan komunitas pengguna SLiMS makin banyak di Indonesia. Ini bisa dilihat salah satunya dari makin banyaknya Inisiatif Katalog Bersama berbasis SLiMS seperti:

    1. Jogjalib.net (http://jogjalib.net/)
    2. PrimurLib.net (http://primurlib.net/)
    3. JatimLib.net (http://jatimlib.net/index.php)
    4. Jaringan Perpustakaan Islam Indonesia (http://portal-istiqlal.net/index.php)
    5. PangkepLib.net (http://pangkeplib.net/index.php)
    6. MakassarLib.net (http://makassarlib.net/)
    7. Perpusda Jawa Tengah (http://arpusda.jatengprov.go.id/ucs/)
    8. UCS Smart Library (http://smart.comuf.com/ucs/)
    9. Perpustakaan Bersama Remaja Mesjid Al-Fajar (http://alfajar.site50.net/ucs/)
    10. IAIN Walisongo Semarang (http://library.walisongo.ac.id/union/ucs/index.php)
    11. Warpus Madiun.net (http://ucs.madiunlib.net/index.php)
    12. AmbonLib.net (http://www.ambonlib.net/index.php)

—LAPORAN BUGS—
Daftar pengguna SLiMS yang sudah terdaftar dibagi perdaerah, bisa dilihat di http://slims.web.id/web/?q=node/36. Jika sudah menggunakan SLiMS dan belum terdaftar, monggo melaporkan diri via email ke senayan.slims[AT]slims.web.id.

Sebagus apapun sebuah software, tak berarti tanpa dokumentasi yang baik. Update dokumentasi SLiMS bisa didownload di https://github.com/slims/SLiMS-5-Documentation (masih dalam format source Lyx).

—SLiMS + KREATIFITAS—
Jika kita cukup kreatif, bisa juga membangun federated search engine dengan kemampuan google, seperti yang dilakukan oleh pengguna SLiMS dari Ambon. Bisa dicoba di http://search.ambonlib.net/.

—LISENSI—
Lisensi? SLiMS akan tetap konsisten di jalur Open Source dengan lisensi GNU/GPL versi 3 (http://www.gnu.org/licenses/gpl.html). Kita berhak mendapatkan, menggunakan, mempelajari, memodifikasi bahkan mendistribusikan kembali tapi harus dengan lisensi yang sama. Tidak boleh menghapus informasi pembuat asli SLiMS.

—DONASI PENGEMBANGAN—
Mari kita dukung SLiMS 5 (Meranti) agar segera rilis dan bisa menjadi bagian sejarah penting dunia kepustakawanan Indonesia. Jika ada pihak yang ingin melakukan donasi sukarela, besar atau kecil, kami sangat berterima kasih. Untuk detail lebih lanjut silah kontak via email ke senayan.slims[AT]slims.web.id.

Semoga bermanfaat,

Hendro Wicaksono
SLiMS Lead Developer

Sumber : http://slims.web.id/web/?q=node%2F64