March 15, 2012

Pengelompokan Buku Berdasarkan Klasifikasi Desimal Dewey (DDC) & e-DDC Edition 22

Klasifikasi Desimal Dewey (Dewey Decimal Classification (DDC), juga disebut Sistem Desimal Dewey) adalah sebuah sistem klasifikasi perpustakaan yang diciptakan oleh Melvil Dewey (1851–1931) pada tahun 1876, dan sejak saat itu telah banyak dimodifikasi dan dikembangkan dalam duapuluh dua kali revisi yang telah terjadi hingga tahun 2004.

Klasifikasi Dewey muncul pada sisi buku-buku koleksi perpustakaan. Klasifikasi dilakukan berdasarkan subjek, kecuali untuk karya umum dan fiksi. Kodenya ditulis atau dicetakkan ke sebuah stiker yang dilekatkan ke sisi buku atau koleksi perpustakaan tersebut. Bentuk kodenya harus lebih dari tiga digit; setelah digit ketiga akan ada sebuah tanda titik sebelum diteruskan angka berikutnya.

Contoh kode:

330.94 = ekonomi Eropa, di mana 330 adalah kode untuk ekonomi dan 94 untuk Eropa

Ada sepuluh kelas utama dalam klasifikasi Dewey. Sepuluh kelas tersebut dibagi lagi kepada 10 bagian; yang lalu bisa dibagi lagi kepada 10 bagian.

Sepuluh kelas utama tersebut adalah:

  • 000 Komputer, informasi dan referensi umum
  • 100 Filsafat dan psikologi
  • 200 Agama
  • 300 Ilmu sosial
  • 400 Bahasa
  • 500 Sains dan matematika
  • 600 Teknologi
  • 700 Kesenian dan rekreasi
  • 800 Sastra
  • 900 Sejarah dan geografi

Sedangkan untuk kolesi pustaka Islam menggunakan notasi 2x yang merupakan pejabaran dari notasi 297 pada notasi DDC. Berikut adalah sepuluh kelas utamanya:

2 X 0 Islam (Umum)
2 X 1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
2 X 2 Hadis dan Ilmu Terkait
2 X 3 Aqaid dan Ilmu Kalam
2 X 4 Fiqh
2 X 5 Akhlak dan Tasawuf
2 X 6 Sosial dan Budaya
2 X 7 Filsafat da Perkembangannya
2 X 8 Aliran dan Sekte
2 X 9 Sejarah, Islam dan Modernisasi

e-DDC Edition 22

Sebagaimana diketahui, e-DDC atau kependekan dari “electronic-Dewey Decimal Classification” adalah sebuah freeware yang dibuat oleh Rotmianto berfungsi untuk membantu tugas pustakawan dan/atau petugas perpustakaan dalam menentukan nomor klasifikasi koleksi dengan lebih cepat dan mudah dari pada menggunakan DDC versi cetak. Freeware ini saya buat menggunakan HTML Compiler sehingga ringan dan compatible dengan (hampir) semua OS/operating systems, baik Windows maupun Linux* (namun belum pernah dicoba pada Mac OS). Disamping itu, juga dapat digunakan bersama-sama dalam satu komputer dengan sistem informasi untuk perpustakaan (atau biasa disebut “automasi/otomasi perpustakaan”) yang sudah banyak beredar sepertiSenayan/SLiMS, Athenaeum Light, LASer, LinsPro, dan sebagainya. Dan e-DDC Edition 22 ini adalah penyempurnaan dari e-DDC versi sebelumnya yang masih berdasarkan DDC (cetak) Edisi 21. Terdapat beberapa penyempurnaan dalam e-DDC Edition 22 dari versi sebelumnya, yaitu:

  1. Notasi 297 Agama Islam untuk e-DDC Edition 22 sudah “100 %” berdasarkan DDC (cetak) Edisi 22 (dengan catatan notasi 2×0 tetap disertakan untuk mengakomodasi pihak-pihak yang masih menggunakannya).
  2. Penyempurnaan notasi-notasi lainnya sesuai DDC (cetak) Edisi 22, seperti notasi 200 – 209 yang pada e-DDC versi sebelumnya tidak ada.
  3. Penambahan content Thesaurus yang memuat daftar kata-kata yang digunakan di e-DDC Edition 22 untuk menghindarkan kesalahan pengejaan.
  4. Dan lain-lain silakan download sendiri… hehehe… (Link yang digunakan e-DDC Edition 22 masih sama dengan link terdahulu).

Nah, demikianlah… Semoga bermanfaat. NB: kalau memang bermanfaat tolong disebarkan pula ke para praktisi perpustakaan lainnya, namun apabila tidak bermanfaat atau ada kekurangan maupun kesalahan dalam e-DDC Edition 22 tolong sampaikan ke saya… Okay everybody… See you, hope you’ll be success and God bless you…

Link:
1. e-DDC.rar

2. e-DDC.zip: http://www.4shared.com/file/mzHMy3AY/e-DDC.html
3. e-DDC.rar: http://www.4shared.com/file/Rn0PwO7b/e-DDC.html

*Note: untuk tips menginstal e-DDC di OS Linux silakan kunjungi link berikut ini:
http://buitenzorg812.blogspot.com/2010/05/e-ddc.html

Sumber : www.e-ddc.org